Kulit kita ibarat mesin kendaraan, kalau mau bagus performa-nya harus dirawat secara rutin. Skincare atau perawatan kulit terbagi menjadi dua kategori berdasarkan cara kerja, yaitu skincare dasar dan skincare lanjutan. Agar tidak salah pilih ayo kita bahas tuntas perbedaan keduanya supaya bisa tahu mana yang harus dipakai.


Apa itu Skincare Dasar?


Perbedaan Skincare Dasar dan Skincare Lanjutan, Harus Pakai yang Mana?
Untuk kamu yang remaja, mulailah merawat kulit dengan tahap skincare dasar.

Skincare Dasar adalah rangkaian perawatan dasar sesuai jenis kulit, dimana fungsi utamanya lebih ke memperbaiki kondisi kulit agar tampak sehat dan terawat. Biasanya skincare dasar formulanya ringan tidak ditambahkan terlalu banyak zat aktif karena berfokus pada menyehatkan kulit. 

Bagi sebagian orang yang sudah terperangkap dengan mindset "putih itu cantik" pastilah tidak memperhatikan skincare dasar dan skincar lanjutan. Karena umumnya skincare dasar tidak mengandung pemutih. 

Padahal produk pemutih itu masuk ke kategori skincare lanjutan, kalau kamu kulitnya sensitif langsung ke tahap itu biasanya kulit akan jadi 'kaget' dengan gejala kulit wajah panas dan perih serta terasa gatal. Kemudian beranggapan produk pemutih ini gak cocok. Padahal sebenarnya produk pemutih hanya dipakai setelah kulit kita benar-benar sehat. 

Misalnya ketika kita jerawatan. Lalu mencari cream yang bisa menghilangkan jerawat sekaligus memutihkan. Menurut saya ini salah kaprah, karena kalau mau memutihkan harus disembuhkan dulu jerawatnya. Tidak bisa sekaligus. Itulah sebabnya mengapa kita harus tahu perbedaan skincare dasar dan skincare lanjutan. 

Siapa saja yang membutuhkan skincare dasar?


  • Remaja usia belasan tahun yang mulai membutuhkan skincare. Tidak ada batas usia minimum karena toh bayi saja sudah bisa mendapat skincare.
  • Orang yang memiliki kulit sensitif. Kalau langsung dikasih pemutih nantinya bisa kaget.
  • Orang yang belum pernah mencoba skincare sama sekali.
  • Orang yang ingin kembali merawat kulit setelah sekian lama tidak melakukan perawatan
  • Orang yang kulitnya rusak akibat salah produk. Skincare dasar dapat mentralisir sekaligus memperbaiki.
Pelembab untuk kulit kering, coba Some By Mi Hydro Max Cream.

Lalu, Apa itu Skincare Lanjutan?


Apa itu Skincare Lanjutan?
Cantik itu gak harus putih, kan?

Skincare Lanjutan adalah rangkaian perawatan kulit yang digunakan untuk masalah spesifik. Kamu boleh lanjut ke tahap ini kalau kulitmu sudah cukup sehat untuk menerima formula yang lebih kaya. Biasanya skincare lanjutan harganya berkisar lebih mahal dibanding skincare dasar karena memang memberikan manfaat yang lebih banyak. 

Siapa saja yang boleh menggunakan skincare lanjutan?


  • Remaja beranjak dewasa yang menginginkan hasil lebih bagus dari skincare sebelumnya
  • Orang dengan kondisi kulit sehat: selalu lembab, minyak terkontrol, bebas jerawat akan lebih mudah menerima skincare lanjutan
  • Orang dewasa yang mulai menunjukkan gejala penuaan seperti: pori-pori membesar, muncul flek hitam, dan garis-garis halus
  • Orang yang ingin terlihat lebih muda di usia lanjut agar wajah tampak lebih kencang dan lugas

Jadi, perbedaan skincare dasar dan skincare lanjutan terletak pada komposisi. Baca juga: Rangkaian Produk Some By Mi yang Sesuai Untuk Kulitmu.

Skincare dasar disesuaikan dengan jenis kulit, sedangkan skincare lanjutan disesuaikan dengan masalah kulitnya. Bagi kamu yang serius merawat kulit wajah sebaiknya coba gunakan skincare dasar terlebih dulu untuk mengoptimalkan kondisi kulit, agar kulit menjadi sehat dan siap menerima skincare lanjutan.